Kamis, 18 April 2013

Berbagi Pengalaman Tes Psikotes Kerja

tes psikotes hampir selalu dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar yang ingin merekrut karyaawan. cuma pengen cerita nieee kemareen tanggal 11 April 2013 ane dapet panggilan tes psikotes di perusahaan bergengsi http://www.nutrifood.co.id/ . aslinya iseng2 aja siih join kagak taunya kepanggil hahahhaha

deg-deg an sih iya, namanya juga baru pertama kali. tapi setidaknya udah taulah gambaran dikit tentang tes prikotes kerja...
gini nih ceritanya,
jadwal tes jam 07.30 WIB, ane dateng jam 07.00 WIB dianter sama pak lek. maklum kemaren nebeng disaudara gitu. lama banget nunggunya  gak taunya tes dimulai jam 08.30 WIB gapapa lah buat mengentas keringat yang berkucuran hahahahha



tes dimulai
ane dibagiin kertas kosong, kita disuruh bikin esai diantara klu nya
1. ceritain skripsi kita
2. ceritakan kekurangan kita
3. ceritakan kelebihan kita dan ceritakan juga peristiwa yang menguntungkan karena kita punya kelebihan itu
4. pekerjaan apa yang paling ente minati dari keluarga atau temen deket yg udah pada kerja
5. disuruh ngurutin ini ni Tuhan, pekerjaan, keluarga, waktu luang, uang, waduh trus apa lagi yaa ane lupa hahah
6. departemen apa yang paling penting didalam suatu organisasi
7. ceritakan bagaimana cara kita menghadapi konflik dengan sesama
8. kita disuruh nyebutin kriteria apa yang membuat kita menerima atau menolak suatu pekerjaan
9. kita disuruh milih Angka/Orang dan Indoor/Outdoor
10. waduh sory lagi nie yee yang kesepuluh ane lupaa hahahha

essai itu ngisinya belakangan, tapi kita dikasih nya diawal banget
kita boleh nyicil diwaktu senggang pas ngerjain soal yg lainnya. soal pertama yg dibagiin kalo g salah kumpulan aritmatika, analogi verbal, pokoknya yg kayak tes psikotes STAN kalo dulu temen2 ad yg pernah ikutan tes Stan, selanjutnya tes kepribadian kita disuruh pernyataan yang mirip dengan kita
misal nih
1. suka dengan hal baru
2. saya menempatkan segala sesuatu dengan rapi
dari kedua pernyataan diatas dika disuruh mana yg paling berdekatan dengan kepribadian kita.
kayak gini gak bisa kita bikin2, bakal ketahuan aslinya gimana kita soalnya milihnya gak pake lama harus spontaan  uhuy hahaah

habis gitu tes gambar, kalo temen2 pernah denger tes wartegg nah kayak gitu tuh, kita dikasih kertas yang ada kotak2nya sebanyak 12 habis gitu isi kotaknya cuma segores dua gores coretan kita suruh ngelanjutin coretan2 itu.
kayak semacam gini laahh hhe
ini gambar awalnya
source http://www.google.com/imgres?imgurl=http://massageng.com/wp-content/uploads/2012/12/gambar-lembar-tes-wartegg.jpg
trus kita bikin jadi giniiii
source http://terbaru-terbaik.blogspot.com/2013/01/contoh-soal-psikotes-lengkap-2013-dan.html

setelah tes wartegg kita masih gambar lagi. kali ini kita dikasih selembar kertas yang isinya lingkaran2 banyak banget, dari lingkaran2 itu kita disuruh bikin apa aja. puyeeeeng ane lihat lingkaran segitu banyaknyaa hahahaha
habis gitu kita disuruh gambar manusia
ane gambar hampir mirim inilah haha
ane gambar diri ane maksudnyeee tapi agak kacauuu wkwkwk
source http://pastaassyifa.wordpress.com/2010/07/04/psikotes-dan-interview/
habis gitu yang terakhirrr kita disuruh gambar pohon, syaratnya harus pohon akar tunggang dan nyata, kita ga boleh gambar pohon cinta, pohon keluarga ahhaha sebelum tes padahal ane udah kepikiran bwt bikin pohon kelapa.. eee ternyata syaratnya juga gak boleh bikin pohon kelapa hahahah
tau ahhh ane gambar aj pohon rambutan yang acakaduuulll hahaha

trus trusss yang terakhir nyelesein esaai yang pertama kali tadiii
huuuuff dari jam 08.30-11.30 cukup menguras waktu siih tapi seruuu
endingnya kita dikasih sampel brand susu Hi Lo hahaha gapapa lah bwt tambah gizi biar otak tambah enceeeerrrrrrrrrr :D

selamat membaca kawan2


5 komentar:

  1. mbak, buat psikotes bagusnya pakai baju apa ya? pakai rok atau celana? perlu pakai blazer? atau kemeja aja gpp? kalau kemeja kuliah gimana? hehee..
    dijawab yaa... :)
    trims bgt!

    BalasHapus
  2. waaah makasih infonya, jarang2 nemu yang ngasi bocoran contoh soal :D

    BalasHapus
  3. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andromo.dev557549.app518853

    BalasHapus
  4. KISAH CERITA SUKSES SAYA JADI PNS

    Assalamu Alaikum wr-wb, mohon maaf sebelum'nya saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS, saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi Pemerintan Manapun, saya sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 2 kali mengikuti ujian, namun hasil'nya Nol bahkan saya sempat putus asah setelah dapat hasil ujian hasil'nya nol,singkat cerita pada suatu hari tempat saya honor mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, 2 bulan kemudian saya sudah ada panggilan untuk pengambilan SK saya, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar, dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, muda mudahan anggota honor yang lain bisa seperti saya amin....amin, dan sekali lagi terima kasih kpd Bpk DR. HERMAN. M.SI direktur aparatur sipil negara di bkn pusat semoga sukses selalu pak herman dan di beri umur panjang. Wassalam.......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mas ridwan ya udah bisa masuk begitu. Tips and triknya kalau udah 2 tahun gak masuk masuk PNS terus bisa dapet titipan gitu bagaimana ya mas? saya mau kenal langsung sama bapak herman bisa biar bisa dapat kerjaan kaya mas yang bisa masuk dalam 2 bulan langsung bisa ambil SK??

      Hapus